BeritaPerindustrian

Peluang Pasar Dalam Negeri dan Ekspor IKM pangan

Peluang Pasar Dalam Negeri dan Ekspor IKM pangan. Dinperinaker. Pelaksanaan video conferensi tentang peluang pasar dalam negeri dan ekspor ikm pangan Indonesia diselenggarakan oleh Kementrian Perindustrian pada hari Jumat tangggal 16 Juli 2021 secara menyeluruh diikuti oleh Opd terkait dan para IKM.
Adanya permasalahan yang dihadapi ikm pangan antara adalah banyak produk dan potensi ikm tetapi belum dapat menembus pasar ekspor, hal ini disebakan belum memenuhi standar kualitas dan kuantitas.
Untuk memenuhi kualitas dan kuantitas bagi produk ikm pangan tersebut perlu diadakannya tindakan tindakan yang dapat mewujudkan tercapainya standar ekspor dengan mencari informasi pasar global dan dilanjutkan dengan rencana tindak lanjut sebagai berikut:
– melakukan riset.
– memperbaiki kemasan.
– sertifikasi halal dan sertifikasi lainnya.
– memperkuat ketersediaan bahan baku.
Telah disampaikan pula bahwa kementrian perindustrian sudah melaksanakan program program yang mendukung peningkatan kualitas bagi ikm yaitu:
– Pelatihan teknis produksi.
– Bimbingan teknis wira usaha baru.
– Pendampingan program.
– Fasilitasi sertifikasi (Halal, ISO, GMP, SNI, Uji Nutrisi)
– Pameran produk.
– Forum kemitraan bahan baku.
Dengan disosialisasikannya program program tersebut maka diharapkan para IKM pangan dapat menangkap peluang serta berusaha meningkatkan produknya secara kualitas dan kuantitas agar dapat menembus pasar ekspor.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button