BeritaPerindustrian

Jelang Akhir Pembangunan, PPK Dekranasda Makin Waspada

Jelang Akhir Pembangunan, PPK Dekranasda Makin Waspada. Dinperinaker. Sindurjan (15/01). Suatu misi akan mencapai titik kritis bukan pada saat awal atau pertengahan pelaksanaanya. Ketika hampir dinyatakan selesai dan berhasil, apabila tidak disertai peningkatan intensitas kewaspadaan, maka dapat terjadi kesalahan yang cukup fatal. Pun itu yang yang saat ini terjadi pada Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Dekranasda. Secara garis waktu, pada minggu ini, pekerjan memasuki minggu ke 19 dari total 24 minggu yang direncanakan. Secara kasat mata, gedung sudah mulai berdiri megah, sesuai dengan gambaran Konsultan Perencana, aksesoris di area ketinggian sebagian sudah terpasang dan ada yang dalam tahap pemasangan.
Namun PPK tidak cepat merasa senang apalagi puas dengan kondisi ini. Menurut hemat beliau, jangan sampai titik kritis ini melenakan dan memabukkan sehingga menjurus ke hal – hal yang tidak diinginkan. Rapat pemeriksaan progress rutin tetap wajib digelar, dan pada kesempatan kali ini, rapat dilakukan di luar kebiasaan. Dikarenakan gubuk direksi keet CV Tapak Liman sudah rata dengan tanah alias dirobohkan karena diterjang pekerjaan halaman, maka rapat dilaksanakan secara darurat di dalam area lantai dasar gedung, dengan berdampingan dengan beberapa pekerja yang masih menyelesaikan pekerjaanya.

Jelang Akhir Pembangunan, PPK Dekranasda Makin Waspada
Jelang Akhir Pembangunan, PPK Dekranasda Makin Waspada

Rapat dihadiri oleh PPK, Tim CV Tapak Liman selaku pelaksana konstruksi, CV Kekancan Sejati selaku konsultan Pengawas, PTP dari DPUPR dan tim PPHP absen dalam rapat kali ini. CV Kekancan Sejati mengawali rapat dengan memaparkan progress prestasi pekerjaan dari perhitungan backup volume pekerjaan terhitung hingga hari Selasa, tanggal 15 September 2020. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa dijadwalkan menurut time schedule, harus tercapai progress 81, 468%, dan secara kenyataan di lapangan terdapat Deviasi Positif sebesar 2, 814% atau prestasi pelaksana melebihi target menjadi sekitar 84, 282%. Pekerjaan yang saat ini sedang dilaksanakan antara lain: keramik tangga, keramik dinding kamar mandi, rollag halaman, septictank, rangka dan ACP, kusen dan instalasi listrik.
Selanjutnya, CV Tapak Liman selaku pelaksana menyatakan menerima hasil perhitungan tersebut, dan menyampaikan bahwa sudah sesuai dengan perhitungan versi tim mereka. Disampaikan pula bahwa secara internal, CV Tapak Liman berencana, pekerjaan akan mencapai 100% pada akhir bulan September 2020, dengan asumsi beberapa barang pesanan dapat terpasang tepat waktu, dan tentunya untuk memberi waktu kepada pemeriksaan pra PHO dan proses pengajuan pembayaran prestasi pekerjaan 100%. Disampaikan pula untuk mohon disepakati dalam rapat ini, beberapa item yang perlu pembahasan seperti instalasi pompa air.
Pada kesempatan berikutnya, PTP menyampaikan bahwa pekerjaan masih on the right track, dan memastikan ketersediaan barang – barang pesanan yang memerlukan waktu produksi dan assembly sebelum dapat dipasang.
PPK memandu rapat dan tercapai beberapa kesepakatan teknis antara PPK, Pelaksana, Pengawas dan PTP. Selanjutnya, Pelaksana mengajukan beberapa sampel bahan atau barang yang akan dipasang, untuk disetujui oleh Pengawas, PTP dan PPK.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *