BeritaKetenagakerjaan

Webinar “New Normal Ketenagakerjaan Mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional”

Webinar “New Normal Ketenagakerjaan Mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional”. Dinperinaker. Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Purworejo Gathot Suprapto, SH pada hari Rabu, 5 Agustus 2020 mengikuti Webinar “New Normal Ketenagakerjaan Mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional”.

Selain sektor kesehatan, pandemi Covid-19 telah membawa dampak besar pada perekonomian Indonesia.
Penularan virus yang sangat cepat, memaksa pemerintah di berbagai negara menempuh kebijakan yang terbilang ekstrem. Termasuk Indonesia yang menerapkan kebijakan “Pembatasan Sosial”.
Konsekuensinya, segala aktivitas masyarakat terhenti, tak terkecuali aktivitas ekonomi dan ketenagakerjaan.
Berhentinya aktivitas ketenagakerjaan dan ekonomi ini tentu saja menyebabkan produktivitas tenaga kerja menurun. Padahal, menurut jurnal kajian ekonomi dengan judul “Analisis Produktivitas Tenaga Kerja dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia” (Citra Ramayani) produktivitas tenaga kerja berpengaruh signifikan secara positif terhadap pertumbuhan ekonomi.

Artinya, jika produktivitas tenaga kerja meningkat maka pertumbuhan ekonomi juga akan meningkat. Begitu juga sebaliknya, jika produktivas tenaga kerja turun makan pertumbuhan ekonomi juga akan turun.
Akibatnya, kontraksi (pertumbuhan negatif) ekonomi terjadi di mana-mana.
Untuk mengantisipasi kontraksi ekonomi yang semakin dalam, Presiden Joko Widodo telah mengintruksikan agar pemerintah mencari strategi yang tepat agar Indonesia menjadi negara yang benar-benar siap dan tidak terpuruk dengan keadaan pandemi COVID-19 hari ini. Yang artinya bahwa roda perekonomian harus tetap berjalan tetapi dengan mengedepankan langkah-langkah pencegahan.
Oleh karena itu, pemerintah Indonesia memilih untuk mengijinkan masyarakat beraktivitas kembali dengan menerapkan kenormalan baru atau sering disebut “new normal”.
Masyarakat boleh berkegiatan, tetapi harus tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan sebagainya.
Menurut para pembicara dan narasumber kegiatan ini, bagaimana dunia ketenagakerjaan harus menyikapi era new normal ini?.
Para pembicara dan narasumber Webinar “New Normal Ketenagakerjaan Mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional” memaparkan pandangannya sesuai dengan background mereka. Inilah saatnya pemerintah, pengusaha, pekerja, serta masyarakat bekerja sama mencari solusi untuk mengatasi dampak Covid-19.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *