BeritaKetenagakerjaan

Gunakan Zoom, narasumber Softskill menyapa siswa BLK

Gunakan Zoom, narasumber Softskill menyapa siswa BLK. Dinperinaker. Dalam situasi pandemi covid 19 ini, semua harus berinovasi dalam melaksanakan kegiatan nya masing – masing. Termasuk dalam sesi pelatihan berbasis kompetensi yang diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja Dinperinaker Kabupaten Purworejo, yang mendapatkan lampu hijau dari Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Purworejo, untuk tetap menyelanggarakan pelatihan berbasis kompetensi, namun dengan syarat mengutamakan penerapan protokol kesehatan.

Dengan berbekal fasilitas APD bagi setiap siswa (face shield, masker dan hand sanitizer), dan mewajibkan cek suhu tubuh serta cuci tangan di pintu kedatangan kompleks BLK, pelatihan dibuka pada hari Senin, 3 Agustus 2020 oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Purworejo, Bapak Gathot Suprapto,SH. Pembukaan dihadiri pula oleh perwakilan BLK Surakarta, perwakilan Koramil 01 Purworejo, penyelenggara dan para Ketua Jurusan. Peserta yang mengikuti pembukaan diwakili oleh 4 siswa setiap kelas, dan sisanya menyaksikan langsung live streaming di kelas masing masing dengan media proyektor dinding.
Tim softskill yang biasa menyelenggarakan kelas massal di aula, harus memutar otak agar kegiatan softskill terlaksana, narasumber dapat tampil, namun tetap tanpa menimbulkan crowd atau kerumunan orang. Selain fakta nya pada hari yang direncanakan, Aula Besar UPT BLK digunakan oleh Bidang Ketenagakerjaan untuk melaksanakan pelatihan kewirausahaan dengan narasumber dari Disnakertrans Provinsi Jawa Tengah.
Berkaca pada pengalaman platform Youtube yang kurang opotimal di sisi audio pada saat live streaming pembukaan, tim beralih ke aplikasi yang sering digunakan untuk melakukan seminar online melalui internet atau biasa disebut webinar. Aplikasi tersebut adalah Zoom. Dengan zoom, selain kualitas gambar dan suara lebih baik dari live streaming www.youtube.com , zoom memungkinkan untuk peserta atau viewer berinteraksi dengan narasumber, baik melalui audio, maupun fitur chat/obrolan.

Setelah dilakukan setting dan testdrive, kegiatan materi softskill dapat dilaksanakan pada hari Selasa, 4 Agustus 2020, dengan lokasi host atau narasyumber di ruang Bangsal Kedhaton BLK atau ruang TIK bawah, dan para viewer sejumlah 9 kelas mengikuti webinar di masing – masing ruangan. Kapasitas bandwidth jalur internet indihome dari PT Telkom sebesar up tu 100Mbps, sangat mendukung pelaksanaan webinar ini.
Berturut turut dalam 2 sesi, dengan moderator Bapak Agus Setyanto ST, narasumber pertama Bapak Wahyudi, ST menyampaikan materi softskill, dan dapat tersampaikan dengan baik kepada para viewer.
Di sela – sela kesepian sesi, moderator mencoba mengajak para peserta untuk berinteraksi dengan melemparkan kuis, di luar dugaan, atensi dan reaksi peserta sangat dinamis, ditandai dengan ekspresi mereka yang dapat dipantau melalui tampilan layar host dan moderator.
Dilanjutkan dengan narasumber kedua, Sensei Trio Handoko yang merupakan kenshuusei atau alumni magang Jepang, menyampaikan success story nya dan kiat – kiat untuk dapat lolos magang jepang yang terkenal sulit ditembus seleksinya.
Pada saat sesi tanya jawab, para siswa khususnya siswa pria sangat antusias ingin tahu lebih banyak mengenai magang jepang. Bebagai pertanyaan dilontarkan dan dijawab dengan jenaka dan tetap berbobot oleh Sensei.
Selanjutnya moderator menutup webinar dengan kesimpulan dan puisi penutup yang menyenth hati para siswa putri.

Tags

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *