BeritaPerindustrian

Rapat Progress Konstruksi Gedung Dekranasda

Rapat Progress Konstruksi Gedung Dekranasda. Dinperinaker. Dalam rangka memantau dan melakukan pengendalian atas pekerjaan konstruksi Pembangunan Gedung Dekranasda, pada hari Selasa, 23 Juni 2020 bertempat di ruang Direksi Keet CV Tapak Liman di lokasi proyek konstruksi Pembangunan Gedung Dekranasda, Jl. Mayjen Sutoyo no. 93 Kelurahan Sindurjan, Kecamatan Purworejo atau tepatnya sudut barat sisi utara alun – alun Purworejo. Hadir dalam rapat periodik ini, Pejabat Pembuat Komitmen, Staf Teknis CV Tapak Liman selaku pelaksana, Staf Teknis CV Kekancan Sejati selaku Konsultan Pengawas, dan dua personil Panitia Pemeriksa Hasil Pekerjaan (PPHP).

Rapat Progress Konstruksi Gedung Dekranasda
Rapat Progress Konstruksi Gedung Dekranasda

Rapat dimulai dengan paparan konsultan pengawas, progress per tanggal 22 Juni 2020 atau minggu ke – 8 (delapan), dijadwalkan dalam time schedule harus telah mencapai 16, 702%. Sedangkan menurut perhitungan staf teknis di lapangan telah tercapai kemajuan pekerjaan sebesar 19,224%, atau terdapat deviasi POSITIF realisasi sebesar +2,523% daripada target terjadwal.
Dilanjutkan dengan tanggapan pelaksana dari CV Tapak Liman, bahwa pelaksana mengiyakan dan menyetujui hasil perhitungan backup volume pekerjaan oleh konsultan pengawas. Dalam kesempatan ini pula, dilaporkan bahwa pekerjaan yang sedang dilaksanakan hingga hari ini adalah Pembesian balok, Pembesian plat lantai dua, Pemasangan bekesting balok, dan pemasangan bekesting plat lantai dua. Pada kesempatan ini pula, pelaksana melaporkan bahwa telah mengajukan proses Uji material berupa uji beton sesuai umur dan uji kekuatan besi. Dikarenakan laboratorium uji besi di DPUPR Kabupaten Purworejo belum mampu melakukan pengujian kekuatan besi ukuran 19mm, maka pengujian sampel besi akan dialihkan ke instansi yang lebih besar dan mampu di Daerah Istimewa Yogyakarta. PPK menanggapi positif dan berpesan untuk medokumentasikan dengan baik hasil uji material yang diperoleh.
Dilaporkan baik oleh konsultan pengawas maupun pelaksana, dalam pelaksanaan pekerjaan belum ada kendala yang cukup berarti, dan proses pembacaan gambar telah disepakati bersama konsultan perencana dalam pertemuan informal pada hari Jumat, 19 Juni 2020 di sekitar lokasi.
Dalam kesempatan rapat ini, PPK mengingatkan bahwa proses yang cukup penting yaitu pengecoran balok dan lantai dua agar dipersiapkan dengan matang dan lengkap. CV Tapak Liman selaku pekaksana diminta bersurat kepada Kepolisian Sektor Purworejo terkait rencana kegiatan pengecoran yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Juni 2020. Hal ini dikarenakan dimensi armada kendaraan concrete mix dan pump nya yang cukup besar dan berpotensi berpengaruh pada arus lalu lintas di sekitar lokasi proyek konstruksi gedung dekranasda, sehingga pelaksanaannya dapat meminimalkan pengaruh tersebut.
Konsultan perencana melalui media daring menyampaikan wacana untuk melakukan penyesuaian desain pada pekerjaan pemasangan jendela lantai dua sisi utara gedung, dikarenakan posisi dan view yang dihasilkan tidak maksimal terhadap operasional dalam gedung. Hal ini ditanggapi bersama oleh PPK, pelaksana dan pengawas, bahwa akan dikaji bersama kemungkinan eksekusinya.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *