BeritaKetenagakerjaanPerindustrian

Antara PPK, Pelaksana dan Produsen Beton

Antara PPK, Pelaksana dan Produsen Beton. Dinperinaker. Sebagaimana biasa, PPK Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Dekranasda, melakukan visit ke lokasi konstruksi proyek, di sela – sela kesibukan jam kerjanya. Di siang yang cukup terik itu ternyata adalah hari kunjungan dari PT New Cakti selaku produsen cor beton Ready Mix yang digunakan jasa dan produknya oleh pelaksana Pembangunan Gedung Dekranasda, untuk melakukan survei lokasi terkait rencana pengecoran lantai dua pada calon Gedung Dekranasda.

Antara PPK, Pelaksana dan Produsen Beton
Antara PPK, Pelaksana dan Produsen Beton

Setelah berdiskusi bersama PPK dan kordinator pelaksana di lapangan, lalu dilakukan ukur jarak bentangan saluran pengecoran beton yang harus direncanakan, mengingat luasan lokasi proyek yang relatif sempit untuk melakukan manuver armada concrete mixer maupun memposisikan kendaraan dan pompanya. Selain itu, lokasi proyek yang berada tepat di tengah kota atau tepatnya sudut alun – alun Kabupaten Purworejo, maka dimensi kendaraan pengangkut beton akan banyak memakan badan jalan.
Setelah dilakukan survei dan pengukuran, diperoleh ukuran jarak penyaluran cairan beton dari titik awal pompa hingga lokasi terjauh sepanjang 25 meter. Mengingat lokasi parkir untuk pengecoran yang sangat berpotensi mengganggu arus lalu lintas, maka PPK meminta kepada penyedia untuk mengajukan izin atau pemberitahuan kepada instansi terkait sebelum kegiatan pengecoran yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Juni 2020.
Perwakilan dari PT New Cakti menyatakan siap menyediakan layanan jasa pengecoran dan produk concrete mix sesuai spesifikasi dan volume yang telah ditetapkan. Diharapkan, proses pengecoran akan selesai dalam kurun waktu kurang dari 6 jam, dimulai pukul 8 pagi, sehingga arus lalu lintas di sekitar lokasi proyek dapat segera normal kembali. PPK juga meminta diadakan petugas khusus yang mengawal dan mengatur lalu lintas pada saat hari pelaksanaan, dimulai sejak kedatangan armada concrete mixer dan pump.
Selama menjelang proses pengecoran, persiapan lokasi dan pekerjaan pembesian, begesting dan pendukung bentangan lantai tetap dikerjakan dengan target waktu, sehingga pada saatnya lokasi dan struktur gedung yang akan dicor beton telah siap.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *