BeritaKetenagakerjaan

Gelar Kelas Malam, BLK Purworejo Tingkatkan Skill Karyawan PT Unggulrejo Wasono

Gelar Kelas Malam, BLK Purworejo Tingkatkan Skill Karyawan PT Unggulrejo Wasono. Dinperinaker. Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Purworejo, khususnya bagi para karyawan yang telah bekerja, BLK Purworejo menggandeng PT Unggulrejo Wasono untuk melaksanakan kegiatan “Skill For Future” atau kelas karyawan. Kegiatan ini merupakan salah satu dari tiga jenis proses pelatihan, yaitu Skilling untuk pencari kerja, Re-Skilling untuk pekerja yang kehilangan pekerjaan, dan Up-Skilling, untuk para pekerja yang membutuhkan kapasitas pengetahuan, ketrampilan dan sikap kerja pada pekerjaan mereka. Kegiatan ini murni didanai oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini APBN Kementrian Ketenagakerjaan, yang diturunkan ke BLK Surakarta dan dilaksanakan oleh BLK Purworejo, sebagai UPT (Unit Pelaksana Teknis) Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Purworejo.

Kejuruan Las


Skill for future ini menyediakan 16 kursi untuk siswa dari perusahaan, dengan persyaratan mengajukan pendaftaran atau permohonan mengikuti pelatihan, yang dikoordinir oleh perusahaan. Pelatihan dilaksanakan selama 80 (delapan puluh) jam pelatihan atau setara 10 hari kerja, dan kelas dimulai setelah jam kerja atau sekitar pukul 16.00. Terdapat 4 (empat) kejuruan: Listrik, Administrasi Perkantoran, Las, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan masing masing peserta berjumlah 4 (empat) orang karyawan PT Unggulrejo Wasono Purworejo baik dari level karyawan Produksi maupun tingkat manajerial. Peserta juga mendapat fasilitas berupa tas, alat tulis kantor, modul, snack dan makan malam, serta bantuan transport.


Menurut Kepala UPT BLK, Sudarman, S.Sos, kegiatan ini adalah baru pertama kali ada dan dilaksanakan pada tahun anggaran 2019, setelah mendapatkan petunjuk teknis dan aturan pelaksanaan kelas karyawan ini, kemudian kami berkerja sama dengan PT Unggulrejo Wasono, yang telah bersurat kepada kami yang pada intinya membutuhkan pelatihan bagi para karyawannya dalam rangka meningkatkan kualitas SDM karyawan, dan pada ujungnya mendongkrak produktifitas Perusahaan. Diharapkan peserta dapat bersinergi dengan para instruktur mengenai materi apa yang benar – benar dibutuhkan untuk dipelajari dalam rangka meningkatkan skill melaksanakan pekerjaan di perusahaan.
Sedangkan dari pihak PT Unggulrejo Wasono, yang diwakili oleh Manajer HRD, sangat antusias dan menyambut baik adanya program kegiatan kelas karyawan ini. Harapan beliau adalah para karyawan dapat memaksimalkan pelatihan yang diikuti sesuai kejuruan, agar dapat diimplementasikan di perusahaan.
Direncanakan, kelas “Skill for future” yang dimulai tanggal 16 September 2019 ini, akan berakhir pada hari Kamis, 26 September 2019, dengan ditandai penyerahan kembali dari BLK Purworejo kepada pihak pimpinan PT Unggulrejo Wasono, dan penyerahan sertifikat pelatihan kepada para peserta.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *